Minggu, 04 Maret 2012

Telah Diinstal Patch Update tapi Versi Tidak Berubah

Met Siang Pak Mahmudi, 

Saya Reni pak dari PT Alf,  saya akan lapor SPT PPN masa Januari 2012, tetapi ketika koneksi Data base, keluar error “ Versi Database yang digunakan tidak sesuai” , saya telpon ke 500200, oleh petugas 500200 saya diminta instal  CrystalReports  yang  terbaru,  katanya bisa didapat di download dari www.pajak.go.id atau  minta kekantor pajak terdekat.  Yang dimaksud CrystalReports apakah update Aplikasinya Pak?

Di www.pajak.go.id saya telah download patch udate terbaru yaitu versi.1. 3, tetapi setelah sy install kenapa masih keluar error “Versi Database yang digunakan tidak sesuai” dan versi dalam Aplikasi tidak berubah?
Mohon solusinya pak, terima kasih sebelumnya. (Database terlampir)

Reni – PT Alf

Solusi :
Met siang juga Ibu Reni,  Sebelumnya saya ucapkan terima kasih telah berkunjung ke Blog saya. Memang betul bu, yang dimaksud CrystalReports adalah update Aplikasi PPN 1111, dimana file tersebut  terdapat dalam patch update  yang  akan mereplace komponen  lama dalam aplikasi digantikan dengan komponen yang baru yang telah disempurnakan oleh programer .

Permasalahan yang ibu hadapi, kenapa versi dalam aplikasi tidak berubah padahal telah dilakukan instal patch update? Jawabannya yaitu terletak pada cara penginstalan.  Penyimpanan intalan patch update atau Distination folder harus sama dengan Aplikasinya . 

Secara default Penyimpanan Installan Aplikasi terletak di C:\Program Files\DJP\eSPT PPN 1111
Sementara Patch Update yang diintall, pada Distination folder  C:\Program Files\DJP\e-SPT PPN 1111 “ada tanda strip pada tulisan eSPT” 



Apabila kita klik instal maka patch update akan terinstal tetapi akan membentuk file tersendiri dan tdk terinskrips pada update sebelumnya, sehingga versinya tidak berubah.  

Supaya versinya berubah, silahkan klik browse dan arahkan Distination folder ke instalan sebelumnya. Atau dengan cara cepat cukup delete tanda “-“ (strip) pada tulisan e-SPT, kemudian klik instal.  




Demikian bu, apabila masih ada kendala silahkan hub kami kembali. 
Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar